Profil Peneliti



Aditya Wikan Mahastama
Pengolahan Citra Digital, OCR, Sistem Cerdas, Kecerdasan Buatan untuk Game

Universitas Kristen Duta Wacana
Fakultas Teknologi Informasi
Program Studi Informatika
Google Scholar  ResearchGate  Sinta  Web of Science 

E: mahas[at]staff.ukdw.ac.id
SINTA ID: 6018557
Publons/WoS ID: ABA-1824-2021

Curriculum Vitae


Pendidikan
Universitas Kristen Duta Wacana
Sarjana Komputer

Fakultas Teknik - 2006
Optical Character Recognition dengan Algoritma OCRChie

Universitas Gadjah Mada
Master of Computer Science

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - 2016
Konversi Citra Ekspresi Matematika Tercetak Menjadi Simbol Matematis LATEX Menggunakan Algoritma Template Matching Optimised Sum of Absolute Differnece (OSAD)


Pekerjaan
Universitas Kristen Duta Wacana
Dosen Tetap

2008-sekarang
Fakultas Teknologi Informasi, Program Studi Informatika

TrazzHost Group
Co-Founder

2017-sekarang

Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Staf IT - Programmer

2007-2009
Fakultas Seni Media Rekam, Program Pascasarjana
:: Sistem Informasi Kemahasiswaan berbasis Open Source Linux (SIMBOX) ::

Challenger Game
Manajer Internal dan Keuangan

2002-2003


Minat
Informatika
Pengolahan Citra, Grafika Komputer, Computer Vision, Linguistik Komputer, AI pada Game, Sistem Cerdas, Pemrograman Web
Bahasa Pemrograman dan Scripting
PHP, Python; HTML5, Javascript
Bahasa dan Budaya
Jawa, Inggris, Perancis, Jerman, Jepang, Spanyol

Karya
OCR Cakra
aplikasi pengenalan aksara Jawa tercetak berbasis Python dan memiliki API

2019-sekarang (masih terus dikembangkan)
digunakan oleh Tim Penelitian TRAWACA dan Wikisource
Tautan OCR Cakra

Sinuksma
aplikasi web alih aksara Latin ke aksara Jawa sederhana/menulis aksara Jawa

2022-sekarang (masih terus dikembangkan)
Tautan Sinuksma

MG Wyata
aplikasi web e-class dengan fitur khas soal ujian berbasis XML dan penilaian kelompok

2021-sekarang (masih terus dikembangkan)
digunakan sendiri dan sejumlah kolega dosen
Tautan MG Wyata

Mahasgames
situs web berisi aplikasi-aplikasi web hasil pengembangan pribadi

2021-sekarang (masih terus dikembangkan)
Aplikasi Jadwal dan Pendaftaran Konsultasi Dosen Aplikasi Belajar Alfabet 3 Dimensi Tautan Mahasgames

Pemisah Ilustrasi Dokumen
aplikasi analisis konten dokumen

2020-sekarang (masih terus dikembangan)
digunakan oleh Tim Penelitian TRAWACA
Tautan Pemisah Ilustrasi Naskah Jawa

CMS Anotasi
aplikasi anotasi segmentasi simbol berbasis web

2019-sekarang
digunakan oleh Tim Penelitian TRAWACA
Tautan Anotasi Aksara Jawa

CMS Website Penelitian
website profil tim penelitian dengan publikasi, profil peneliti dan akses aplikasi

2019-sekarang
digunakan oleh Tim Penelitian TRAWACA
Tautan Laman TRAWACA

Program Transliterasi Latin-Hangeul
hasil skema penelitian DIKTI

2018-sekarang
Tautan Program Transliterasi Latin-Hangeul

CMS Website Profil dan Blog
aplikasi web profil organisasi dan blog berita dengan multi-subsite fleksibel

2016-sekarang
digunakan oleh Organisasi Nirlaba Stube-HEMAT (anggota Brot fuer Der Welt)
Tautan Laman Stube-HEMAT Yogyakarta

CMS Tracer Study Alumni
aplikasi tracer study dengan set pertanyaan fleksibel dan sesuai standar

2017-sekarang
digunakan oleh STIKES Bethesda Yakkum
Tautan Laman Tracer Study STIKES Bethesda Yakkum

Website dan Tool TrazzHost Group
aneka situs web dan tool kerja internal

2017-sekarang
digunakan dalam lingkup TrazzHost Group
Domain dan Web Hosting Pengembang Aplikasi Aplikasi Rekam Jejak Valas dan Saham

Parchival
aplikasi arsip mini dengan field fleksibel

2019-sekarang (masih terus dikembangkan)

SIMBOX
Sistem Informasi Kemahasiswaan Berbasis Open-source Linux

pernah digunakan oleh FSMR dan Program Pascasarjana ISI Yogyakarta
2007-2015 (sudah tidak digunakan lagi)



Publikasi Penelitian Trawaca 9


2021 1
JavAnote: Tool and Strategies to Annotate Javanese Characters
Lucia D Krisnawati, Aditya W Mahastama

2021.02.01
International Journal of Computer Trends and Technology Vol. 69, No. 2, February 2021, pp.93-99, ISSN: 2231-2803

Tautan Artikel

2020 1
Optical Character Recognition for Printed Javanese Script using Projection Profile Segmentation and Nearest Centroid Classifier
Aditya W Mahastama, Lucia D Krisnawati

:: Best paper award ::
2020.12.6
2020 Asia Conference on Computers and Communications (ACCC 2020)

Tautan Artikel

2019 5
O uso da Wikipedia como fonte de suporte para pesquisas em idiomas com recursos digitais insuficientes
Lucia D Krisnawati, Aditya W Mahastama

2019.12.20
PRISMA.COM Journal, Issue 40, December 2019, pp.34-44, ISSN: 1646-3153

Tautan Artikel
Building Classifier Models for on-off Javanese Character Recognition
Lucia D Krisnawati, Aditya W Mahastama

2019.12.02
21st International Conference on Information Integration and Web-based Applications & Services (iiWAS2019), Muenchen, Germany
[Q4] ACM International Conference Proceeding Series

Tautan Artikel
Improving Projection Profile for Segmenting Characters from Javanese Manuscripts
Aditya W Mahastama, Lucia D Krisnawati

2019.07.04
2019 International Conference on Intermedia Arts and Creative Technology (CREATIVEARTS), Yogyakarta, Indonesia

The Scenario of Wikipedia Usage as a Supporting Source for Under-Resource Language Researches
Lucia D Krisnawati, Aditya W Mahastama

2019.03.11
IWSC 2019: International Wiki Scientific Conference, Porto, Portugal

Tautan Artikel
Sistem Identifikasi Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia Dokumen Teks Berbasis N-Gram Karakter
Fidelia V Sentosa, Lucia D Krisnawati, Aditya W Mahastama

2019.03.01
Jurnal Linguistik Komputasional (JLK) Vol. 2 No. 1, Maret 2019, ISSN: 2621-9336

Tautan Artikel

2018 1
A Javanese Syllabifier based on Its Orthographic System
Lucia D Krisnawati, Aditya W Mahastama

2018.11.5
2018 International Conference on Asian Language Processing (IALP)

Tautan Artikel

2017 1
Histogram peak ratio-based binarization for historical document image
Aditya W Mahastama, Lucia D Krisnawati

:: Best paper award ::
2017.11.8
2017 International Conference on Smart Cities, Automation & Intelligent Computing Systems (ICON-SONICS)

Tautan Artikel


Publikasi Penelitian Lainnya 13


2022 2
Model Berbasis Aturan Untuk Transliterasi Bahasa Jawa Dengan Aksara Latin Ke Aksara Jawa
Aditya W Mahastama

2022 - Universitas Atma Jaya Yogyakarta
[S3] Jurnal Buana Informatika vol. 13 issue 2, pp. 146-154

Tautan Artikel
Aplikasi Bantu Belajar Menulis Aksara Jawa untuk Siswa Sekolah Dasar
Aditya W Mahastama

2022.08.29 - Yogyakarta
2022 Seminar Nasional Teknik Elektro, Informatika dan Sistem Informasi (SINTaKS)

Tautan Artikel

2021 2
Sistem Cerdas Permainan Papan The Battle Of Honor dengan Decision Making dan Machine Learning
Arnan D Diasmara, Aditya W Mahastama, Antonius R Chrismanto

2021 - Universitas Atma Jaya Yogyakarta
[S3] Jurnal Buana Informatika vol. 12 issue 2, pp. 136-145

Tautan Artikel
Pemanfaatan E-Learning Untuk Inovasi Pembelajaran Aksara Jawa Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas
Aditya W Mahastama, Lucia D Krisnawati, Laurentius K P Saputra

2021 - Yogyakarta
[ABDIMAS] 2021 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (SENDIMAS) VI

Tautan Artikel

2019 1
A Lightweight Chinese Character Recognition Model for Elementary Level Hanzi Learning Application
Elizabeth N Tamatjita, Rouli D Sihite, Aditya W Mahastama

2019.11.4 - Yogyakarta (IEEE)
2019 International Congress on Applied Information Technology (AIT)

Tautan Artikel

2018 3
Visual Perception Evaluation from The Synthesis of Realistic Facial Expressions Based On Feature Point Clusters
Samuel G Gunanto, Arif Sulistyono, Agnes Widiasmoro, Aditya W Mahastama, Lucia D Krisnawati

2018.11.22 - Yogyakarta
2018 International Seminar on Research of Information Technology and Intelligent Systems (ISRITI)

Aplikasi Teknik Pembangkitan Animasi Ekspresi Wajah 3D Berbasis Teknologi Motion Capture
Arif Sulistyono, Agnes Widiasmoro, Lucia D Krisnawati, Aditya W Mahastama

2018.11.6 - Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta
Internal Publication

Tautan Artikel
Rule-Based Syllabification of Korean Words Written In Latin Using Deterministic Finite Automata Models
Rouli D Sihite, Aditya W Mahastama

2018.8.8 - Universitas Kristen Duta Wacana
Jurnal Terapan Teknologi Informasi vol. 2 issue 1, pp. 75-85

Tautan Artikel

2016 3
Comparison of music genre classification using Nearest Centroid Classifier and k-Nearest Neighbours
Elizabeth N Tamatjita, Aditya W Mahastama

2016.11.16 - Jakarta (IEEE)
2016 International Conference on Information Management and Technology (ICIMTech), pp. 161-171

Tautan Artikel
Shortest Path with Dynamic Weight Implementation using Dijkstra’s Algorithm
Elizabeth N Tamatjita, Aditya W Mahastama

2016 - BINUS University
ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications vol. 7 issue 3, pp. 161-171

Tautan Artikel
Perbandingan Algoritma Sum of Squared Difference (Ssd) Dan Optimised Sum of Absolute Difference (Osad) Untuk Pengenalan Simbol Pada Citra Ekspresi Matematika Tercetak
Aditya W Mahastama

2016 - Universitas Kristen Duta Wacana
Informatika: Jurnal Teknologi Komputer dan Informatika vol. 12

Tautan Artikel

2014 1
Design study for non eLiterate user: Case of mobile phone interface
Restyandito, Alan HS Chan, Aditya W Mahastama, Tri S Saptadi

2014.04.08 - CRC Press
Book: IAENG Transactions on Engineering Sciences, pp. 311-320


2013 1
Designing usable icons for non e-literate user
Restyandito, Alan HS Chan, Aditya W Mahastama, Tri S Saptadi

:: Best paper award ::
2013.03.15 - Hong Kong
Proceedings of the International MultiConference of Engineers and Computer Scientists 2013 Vol II, IMECS 2013

Tautan Artikel